CEO Dableg - Pengembangan Diri dan Belajar Bisnis Online

Blog tentang pengembangan diri dan belajar bisnis online

Breaking

Thursday, June 7, 2018

Apakah Mobile Legends lebih baik dari AOV ?


Game moba menjadi game favorit saat ini, berawal dari Moba PC hingga saat ini sudah merambah di platform mobile (lebih familiar disebut moba analog).
Untuk moba PC, yg terkenal seperti League of Legends (LOL), Dota 2, dll.
Sedangkan untuk Moba analog (mobile), ada Mobile Legends, AOV, Vainglory, dll.

Dari semua game tersebut prinsipnya sama, yaitu 5 vs 5 dimana 2 tim akan saling bertarung dalam 1 map/arena. Tujuan utamanya adalah menghancurkan pertahanan musuh hingga ke pertahanan utama.

Untuk di Indonesia sendiri, bisa dibilang moba analog (mobile) saat ini yg paling banyak di mainkan, mulai dari anak-anak sampai orang tua memainkannya. Banyak sekali game moba analog yg sangat familiar di Indonesia, namun Mobile Legends dan Arena of Valor menjadi 2 game terfavorit saat ini.

Dari segi popularitas harus di akui bahwa Mobile legend jauh lebih populer dibanding AOV, hal ini dilihat dari jumlah unduhan di google Play store yang mencapai jutaan kali unduhan.
Sebenarnya apa yang menyebabkan game Mobile Legends lebih populer dari AOV di Indonesia?

1. Curi start
Sebelum era moba analog sebesar saai ini, Mobile legends sudah lebih duku merilis game nya di pasaran. Mereka memperkenalkan game mereka melalui iklan secars terus menerus, membuat event dll. Dan mungkin memang mereka sudah mentargetkan Indonesia ssbagai pasar utama meraka.

2. Bisa dinikmati semua orang
Maksudnya adalah, game Mobile legends ini bisa dibilang game Moba yang memiliki spesifikasi rendah dibanding game-game moba yg lain. Sehingga hampir semua smartphone dgn spek rendah pun bisa memainkannya. Memang sih, jika dinilai dari segi grafik memang Mobile Legends masih kalah dari Game lain seperti AOV, Vainglory, dll.

3. Banyak YouTuber terkenal Gara-gara ML
Kalau kalian pengguna YouTube, kalian pasti tau dampak Mobile legends di YouTube ya.
Banyak Youtuber gaming bsru bermunculan yg mengangkat game Mobile Legends, salah satunya sebut saja "Jess No Limit".
Sangking terkenalnya sampai mendapatkan penghargaan di stasiun TV nasional beberpa waktu yang lalu.

Hal tersebut seharusnya menjadi berita baik untuk kita, setidaknya dengan sdanya Mobile legends bisa membuat anak2 muda bisa berkreasi dan menghasilkan di YouTube dengan mereka memberikan tutorial bermain Mobile legends.

Itulah beberapa hal yang membuat Game Mobile Legends menjadi lebih populer dibandingkan game moba yang lain di Indonesia. Semoga tren e-sport di Indonesia bisa semakin berkembang kedepannya.

No comments:

Post a Comment