CEO Dableg - Pengembangan Diri dan Belajar Bisnis Online

Blog tentang pengembangan diri dan belajar bisnis online

Breaking

Tuesday, July 31, 2018

Cara Mudah Membuat Website Yang Menarik

Cara Mudah Membuat Website Yang Menarik CEO DABLEG


Didunia nyata, website itu diibaratkan sebuah tempat.

Tempat dimana Anda menuangkan apa tujuan Anda dan apa yang Anda ingin tunjukkan.

Misal tempat usaha atau bisa juga tempat menampilkan hasil karya untuk ditampilkan pada masyarakat umum.

Setiap orang berkunjung kesuatu tempat pasti memiliki tujuannya masing-masing. Tentu mereka memiliki alasan untuk kembali lagi ke tempat tersebut dilain waktu.

Pernahkah Anda mengunjungi suatu tempat berkali-kali ? alasan apa yang membuat Anda ingin mengunjungi tempat tersebut hingga lebih dari satu kali ?

Hal tersebutlah yang perlu Anda terapkan dalam membuat website agar menarik pengunjung, dan membuat mereka selalu kembali mengunjungi website Anda.

Inilah yang perlu Anda ketehui untuk membuat sebuah website yang menarik :



TAHAP AWAL : Riset Dasar



1. Tujuan

Apa tujuan Anda membuat website ?

Saya rasa cuma ada dua tujuan, yaitu mendapatkan uang atau hanya sekedar menyalurkan hobi menulis.

Tapi jika bisa keduanya itu jauh lebih baik, mendapatkan uang dari hobi itu sangat asyik loh.

Tentukan tujuan dahulu, misal tujua Anda membuat website bisnis (Toko Online, Profil Perusahaan, atau keperluan bisnis lainnya), itu akan berbeda dengan website yang berisi tulisan-tulisan/artikel seperti tips kesehatan, tutorial game, informasi, dan lain-lain.

Namun jangan salah, website yang berisi tulisan/artikel juga bisa menghasilkan loh, Anda bisa mendapatkan uang dengan mendaftarkan website Anda bermitra dengan google adsesnse.


2. Niche (topik apa yang akan dibahas di website Anda)

Jika website Anda adalah toko online atau web bisnis lainnya, maka tidak perlu memikirkan ini karna Niche nya sudah jelas yaitu tentang bisnis Anda.  Kan tidak mungkin Anda jualan Handphone tapi membahas Hewan-hewan pemakan rumput, hehehe (walau tidak ada salahnya juga membahas hewan).

Untuk Anda yang membuat website dengan tujuan menulis, atau menuangkan hasil tulisannmu kedalam website. Maka hal utama yang perlu Anda cari tau adalah Niche-nya terlebih dahulu.

Anda perlu cari tau hal apa yang akan Anda bahas di website.

Tentu anda tidak akan melakukan suatu hal yang Anda sendiri tidak tau kan ? atau Anda menulis sesuatu yang Anda sendiri saja tidak tau itu apa. hehehe.

Meski tidak ada larangan untuk membahas banyak hal di dalam satu websute, namun alangkah baiknya jika Anda tentukan satu niche saja. Karna akan lenih fokus dan juga efektif kedepannya.

Jika Anda bingung menentukan niche apa yang akan kamu tulis di website Anda, ini beberpa tips untuk menentukan niche apa yang cocok untuk Anda

- Apa yang paling anda suka lakukan (Bisa hobi, misal main game, nonton, makan, dll)

- Hal apa yang paling membuat Anda senang (misal berlibur bersam keluarga)

- Apa yang paling banyak dicari/dibutuhkan orang (anda harus benar-benar mengetahuinya, jika tidak menguasai maka belajar dan tulis ap yang sudah Anda pelajari dari hal tersebut)



3. Target Pengujung 

Setelah menentukan Niche atau hal apa yang akan Anda bahas, selanjutnya tentukan target/sasaran pengunjung seperti apa yang cocok untuk website Anda.

Siapa yang akan jadi konsumen Anda? bisa anak-anak, remaja, orang dewasa, atau para orang tua, dan lain sebagainya.

Misal seperti ini, Anda membuka kafe "kekinian" yang menyediakan makanan dan minuman varian kopi yang enak dengan harga terjangkau dan tempat di desain dengan selera anak muda jaman sekarang. Targetnya adalah (ini hanya contoh) :

- usia 17-30 tahunan

- mereka yang hobi nongkrong

- para penikmat kopi

- mahasiswa (kebanyakan mencari tempat tongkrongan yang murah meriah tapi nyaman)

- dll (bisa Anda riset sendiri ya).

Terapkan hal tersebut dalam pembuatan website, karna prinsipnya sama saja.



TAHAP KEDUA : Mulai Buat Website Anda



Tentukan Nama Domain dan Hosting CEO DABLEG

1. Tentukan Nama Domain dan Hosting

Doamin merupakan nama/alamat toko/bisnis Anda (karna kita membahas web jadi ya nama/alamat web).
sedangkan Hosting itu sama seperti lahan/tanah untuk Anda membangun sebuah toko/bisnis.

Nama domain sangat penting sekali, jadi pilihlah nama domain yang berhubungan dengan Niche website Anda, misal Niche website Anda adalah membahas tentang kesehatan, maka contoh domainnya bisa obatalami.com atau infokesehatan.com, silahkan Anda pikirkan sendiri.
Untuk mendapatkan domain Anda harus mendaftarkan nama domain ke penyedia doamin.

Dana yang perlu Anda siapkan mulai dari 70ribuan, tergantung tempat penyedia layanan domain mana Anda mendaftar. Kalau saya dulu mendaftar domain ceodableg.com di Exabytes dengan harga 76ribuan per tahun. Waktu itu lagi ada promo, hehehe.

Ada banyak sekali penyedia layanan Domain Murah dan Hosting Murah, kalau saya pribadi menggunakan layanan penyedia domain dan hosting murah Exabytes, CS nya ramah dan kualitasnya juga sangat baik, yang pasti harga sesuai kantong. Jika tertarik mencoba bisa klik disini.


2. Tampilan

Tampilan adalah salah satu hal penting dalam sebuah web.

karna sebagus apapun konten website jika ditampilkan dengan tidak menarik akan terasa "sia-sia". kemungkinan pengunjung web Anda bisa bosan dan enggan membaca tulisan Anda terlalu lama.

Betapa menyedihkan kehilangan traffik cuma gara-gara tampilan web Anda yang amburadul alias asal-asalan.

Lalu bagaiman membuat tampilan website yang menarik ?

dari penjelasan di Tahap Awal diatas, kita sudah menemukan banyak data tentunya,
mulai dari tujuan anda membuat website, target website Anda siapa saja, dan juga Niche atau hal apa yang akan Anda bahas di website.

Data tersebut akan mempermudah Anda dalam menentukan tampilan seperti apa yang sebaiknya Anda buat.

Inilah beberapa unsur yang perlu Anda perhatikan dalam mendesain tampilan Website :


  • Responsiv

Buatlah desain web yang responsive jika digunakan oleh perangkat smartphone, tablet atau berbagai jenis komputer. Gunakanlah fitur adaptif agar secara otomatis bisa sesuai dengan ukuran layar pada jenis smartphone apapun. Contohnya seperti web ini, jika Anda buka di smartphone atau di PC maka tampilannya akan menyesuaikan.

  • Warna dasar website

Pastikan warna web nya membuat nyaman pengunjung web. Jangan terlalu banyak menggunakan warna didalam web, gunakan warna-warna yang lembut.


  • Navigasi yang mudah dan jelas

Intinya permudah pengunjungmu menemukan tulisan-tulisanmu yang lain, susun menu website, kategoti, dan juga artikel terkait lainnya semenarik dan semudah mungkin.


  • Font & ukuran huruf/angka (Typography)

Misal target anda orang tua, tentu ukuran hurufnya agak lebih besar, sesuiakan saja.


  • Gaya bahasa & penulisan

sesuaikan dengan target anda, misa pakai bahasa gaul atau bahasa formal, yang penting nyaman dibaca.


Namun jika Anda merasa tidak memiliki waktu untuk mendesain website, Anda bisa membayar jasa desain web.

Penyedia layanan Domain dan Hosting biasanya juga menyediakan layanan Desain Web juga kok.

Keuntungan dari membayar jasa desain web adalah lebih hemat waktu dan Anda tidak perlu pusing soal coding. Anda hanya tinggal memikirkan membuat konten/tulisan untuk website Anda saja.

Tapi jika Anda punya waktu luang dan cukup waktu untuk belajar, sebaiknya coba saja mendesain web Anda sendiri dulu.
Jika ingin membuat Website sendiri, minimal Anda belajar tentang HTML, PHP, dan CSS. Dengan belajar HTML,PHP dan CSS Anda sudah bisa mulai membuat dan mengembangkan sebuah website yang memiliki tampilan menarik dan keren tentunya.



TAHAP AKHIR : Kreatif dan Konsisten


Kreatif dan konsisten disini maksudnya adalah Anda harus selalu membuat konten yang menarik sesuai niche web Anda dan lakukan hal tersebut secara terus-menerus.

Misal niche web Anda adalah ksehatan, maka buatlah tulisan yang semenarik mungkin dan sekreatif mungkin sehingga pengunjung Web Anda tidak bosan membaca tulisan Anda. Buat mereka selalu penasaran dan butuh informasi dari Anda.

Konsisten dan jangan mudah menyerah, terkadang banyak orang yang semangat hanya diawal, semakin lama semakin kendor semngatnya.

Semakin banyak tulisan yang kamu terbitkan, maka akan semamkin besar peluang website Anda mendapatkan banyak pengunjung.

Tapi ingat, buatlah konten yang original buatan Anda sendiri (Bukan copy paste !).

Mencontek boleh, tapi Anda harus memberikan informasi yang lebih baik dari tulisan yang Anda contek tersebut. jangan sampai tulisanmu lebih buruk dari sumber yang Anda contek.

Perbanyaklah membaca dan belajar agar wawasan dan pengetahuan Anda juga semakin luas.


Itulah beberapa tips Bagaiman cara membuat sebuah website yang menarik yang bisa kamu coba dan terapkan. Tetap selalu belajar dan banyak-banyak melihat website lain sebagai referensi untuk tampilan website Anda.

Carilah website-website yang memiliki niche yang mirip dengan website Anda, pelajarilah cara mereka mendesain website mereka. Semakin banyak kamu pelajari maka semakin baik pula kamu bisa mendesain webite kamu untuk jadi leih baik.

Semoga website kamu kan rami pengunjung.

No comments:

Post a Comment