CEO Dableg - Pengembangan Diri dan Belajar Bisnis Online

Blog tentang pengembangan diri dan belajar bisnis online

Breaking

Sunday, July 15, 2018

Cara Optimasi SEO Video Youtube Agar Banyak Viewers

YouTube adalah situs atau media berbagi video yang saat ini sangat banyak digunakan oleh berbagai klangan untuk media promosi, berita, atau hanya sekedar berbagi keseharian seseorang.
Selain itu, YouTube juga bisa memberikan kita penghasilan yang sangat besar. Banyak orang-orng yang telah sukses dan berpenghasilan ratusan juta hanya dari membagikan video mereka. Namun tentu saja hal itu tidak mudah dan tidak sulit pula, untu itulah saya akan emmbagikan beberapa tips dan cara optimasi video youtube supaya video yang kita buat bisa lebih berkualitas dan mampu menghasilkan uang.



Inilah beberapa Cara Optimasi SEO untuk Video YouTube yang bisa kamu coba.


1. Lakukan Riset Keyword

Riset keyword ini sangat penting, karna dengan melakukan riset keyword yang benar maka kamu bisa membuat sebuah video dengan konten yang benar-benar diminati oleh banyak orang. Dengan riset keyword maka kita bisa tau keyword apa yang saat ini sedang viral atau banyak dicari.
Lalu bagaimana cara melakukan riset keyword ? ada banyak tools yang bisa kita gunakan untuk riset keyword mulai dari yg gratisan sampai premium.
Namun mulailah dengan tools yang sederhana namun sangat powerfull skali, yakni tools milik google itu sendiri, google adword dan juga google trends.
Dengan kedua tools tersebut kita sudah bisa mendapatkan beberapa keyword yang bisa kita gunakan untuk membuat video nantinya.

2. Buatlah konten video yang menarik untuk di tonton
Sajikanlah video semenarik mungkin, jangan sampai konten yang bagus menjadi tidak laku hanya karna video kita tidak menarik. Mulailah belajar untuk mempercantik video dengan teknik-teknik editing yang bisa kita pelajari secara otodidak. Terkadang orang menonton video kita karna mereka kagum dengan kualitas video yang telah kita buat, sebagai contoh dan referensi kamu bisa melihat kualitas video dari seorang youtuber indonesi "Agung Hapsah".

3. Buatlah judul video dengan keyword yang telah ditargetkan

Setelah melakukan riset keyword dan juga membuat videonya, tentu selanjutnya adalah meng-upload video tersebut. Disini hal yang perlu kamu perhatikan adalah bagian judul/nama video, buatlah judul video dengan keyword-keyword yang telah kamu riset sebelumnya.
Misal video kamu berisi tentang "menghasilkan uang dari youtube" maka kamu bisa menggunakan keyword "Cara mudah mendapatkan uang di youtub" atau "Tips medapatkan uang dari youtube" dan masih banyak lagi tergantung riset keyword yang telah kamu lakukan sebelumnya. Ingat, bahwa Judul adalah hal pertama yang akan menentukan video akan ditonton oleh orang atau tidak. Dan juga Judul yang baik akan membuat robot google atau youtube mengindeks video kamu di pencarian denga baik pula.

4. Masukkan beberapa kata kunci/Keyword didalam deskripsi video

Poin selnjutnya adalah menuliskan kata-kata atau kalimat didalam kolom deskripsi. Kamu bisa menuliskan apa saja yang ada di video tersebut sesui isi video kamu. Namun ingat, kamu harus menulis deskripsi video dengan semaksimal mungkin. jangan sampai YouTube menganggap video kamu "SPAM" hanya karna kamu terlalu berlebihan menuliskan deskripsi video dan efeknya adsense kamu bisa kena baned.
Cukup berikan informasi singkat tentang isi video kamu, dan sisipkan beberapa kata kunci yang telah di riset sebelumnya. Intinya adalah buat deskripsi singkat namun sudah bisa menjelaskan isi video kamu, selanjutnya biarkan orang yang menikmati videonya.

5. Buatlah Tag video dengan keyword yang telah ditargetkan

Satu hal lagi yang perlu kamu perlu kamu cocokkan dengan keyword/kata kunci adalah pada bagian Tag Video. Penggunaan Tag yang tepat akan memberikan trafik yang baik untuk video kamu, video akan muncul di sidebar saat ada orang lain yang menonton video yang memiliki tag yang sama dengan video kamu.
Jadi jangan sampai kamu melupakan Tag Video apalagi sampai tidak mengisinya dengan keyword-keywod yang telah di riset.

6. Upload video dengan kualitas tinggi/HD (High Definition)

Pengalaman saya menonton di youtube, saya cenderung akan mencari video dengan kualitas tinggi (HD) karna pasti lebih enak buat dilihat alias jernih dan gak pecah-pecah. Selain itu, Youtube juga lebih merekondasikan dan menyukai video yang memiliki kualitas tinggi/HD.
Untuk menghasilkan kualitas video yang tinggi kamu bisa menggunakan kamera yang memiliki resolusi tinggi. Atau jika kamu gak punya kamera bisa menggunakan smartphone saja dulu namun usahakan kualitas kameranya baik ya.


7. Bangun reputasi chanel denga baik

Bangunlah reputasi chanelmu agar lebih baik lagi. Dengan reputasi chanel yang baik, maka video-video kamu akan semakin banyak di tonton oleh orang dan juga semakin dicintai oleh YouTube.
Baik atau tidaknya chanel terlihat dari relevansi antar video yang ada di chanel kamu. Maksudnya adalah video kamu disenangi banyak orang, mereka akan menonton video-video kamu yang lain bukan hanya 1 video lalu keluar, semakin lama mereka menonton maka itu semakin baik.
Jika hal tersebut sudah terjadi pada chanel kamu, maka bersiap-siaplah untuk mendapatkan banyak trafik ke chanelmu. YouTub akan merekondasikan video-video kamu sebagai "Video Populer" dan tentu subscriber akan bertambah banyak.

8. Bagikan Video ke berbagai macam media sosial

Sebagai YouTuber pemula/baru merintis, sangatlah perlu untuk membagikan video-video kamu ke berbagai macam media sosial seperti Facbook, Twitter, Google Plus, Instagram, dan lain sebagainya. Hal ini tentu bertujuan untuk mengenalkan atau memberitahukan kepada banyak orang jika kamu memiliki video yang bagus dan layak untuk di tonton.
Jadilah sekreatif mungkin untuk mempromosikan/mengenalkan keberadaan chanel kamu kepada banyak orang.

9. Bergabung ke berbagai forum diskusi

Cobalah membangun sebuah jaringan/networking sebanyak-banyaknya, karna semakin banyak yang kenal maka kamu juga akan semakin terkenal. Kamu bisa masuk ke forum-forum diskusi yang membahas hal-hal serupa dengan isi video kamu lalu berikan komentar yang baik, jika memungkinkan silahkan tinggalkan Link video kamu disana. Tapi jangan sampai kamu terdeteksi sebagai seorang Spammer ya, karna sering mmbagikan link video.

10. Konsisten membuat konten video

Terakhir adalah konsisten dan rutin dalam membuat video-video menarik.
Kamu harus tentukan seberapa sering kamu bisa membuat video, seberapa banyak video yang bisa kamu buat. Misal satu video perhari atau 1 video perminggu, tergantung gimana kalian mampu untuk melakukannya. Karna percuma jika upload video toga kali sehari namun videonya bobrok alias ngasal dan tidak menarik sama sekali. Upload-lah video sebaik mungkin dengan Kualitas video yang baik.

No comments:

Post a Comment