CEO Dableg - Pengembangan Diri dan Belajar Bisnis Online

Blog tentang pengembangan diri dan belajar bisnis online

Breaking

Sunday, July 22, 2018

Inilah Investasi Terbaik Untuk Anda di Usia 20-an

Inilah Investasi Terbaik Untuk Anda di Usia 20-an


Di umur 20-an, menurut saya investasi yang terbaik adalah investasi dalam ilmu dan pengalaman.

Saya menjelaskan ini dengan sudut pandang Anda seorang pemuda yang mandiri, yang tidak brpangku tangan pada keaadaan ataupun bisnis/usaha yang dimiliki keluarga. Terkadang ada orang yang sudah terlahir sebagai keluarga yang kaya-raya, jadi mereka tumbuh dengan kebutuhan yang tercukupi, dan pasti kelak akan meneruskan apa yang dimiliki keluarganya.

Yang saya jelaskan ini adalah berkaca dari pengalaman saya sebagai seorang pmuda yang berasal dari keluarga biasa, dan mengejar semua cita-cita dengan jerih payah sendiri. Keluarga hanya dijadikan motivasi dan tempat untuk meminta nasihat. Soal urusan kerja/bisnis, dan hal-hal profesionalitas lainnya saya kerjakan sendiri.

Semua bermodalkan ilmu dan jaringan yang saya miliki selama ini.

Kebanyakan orang berusia 20-an masih baru memulai karir, yang berarti uang yang dimiliki masih belum terlalu banyak. Saya asumsikan besaran investasi yang dapat dilakukan adalah di kisaran ratusan ribu hingga jutaan rupiah per bulan nya.

Investasi di pasar modal seperti saham, reksadana, dan lain-lain secara historis akan memberikan imbal balik sebesar 5%–15% per tahun nya. Sebagai contoh, dengan modal 5 juta rupiah dan imbal balik 15% per tahun, maka hasil dari investasi 5 juta tersebut adalah 750 ribu per tahun, atau butuh sekitar 5 tahun untuk menunggu 5 juta tersebut menjadi 10 juta (ini perhitungan yang cukup optimis).

Menurut saya lebih bijaksana apabila sebagian besar dari 5 juta tersebut digunakan untuk menambah ilmu dan pengalaman, seperti membeli buku, mengikuti workshop, mencoba memulai bisnis kecil, berkenalan dengan orang lain dengan latar belakang berbeda, dan lainnya.

Dengan bertambahnya ilmu dan pengalaman, imbal balik yang diharapkan adalah pengembangan karir yang lebih cepat atau terbukanya kesempatan untuk melakukan sesuatu yang baru.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Kebiasaan Malas & Suka Menunda

Tentu perlu ada sebagian dari 5 juta tersebut yang dialokasikan untuk investasi finansial, seperti asuransi, dana darurat, reksadana, dan sebagainya tetapi sifatnya lebih condong untuk proteksi, bukan untuk mengejar keuntungan. Porsi investasi finansial kemudian dapat ditambahkan seiring dengan berkembangnya karir yang berarti bertambahnya pendapatan bulanan.

Saya akan mengasumsikan bahwa taraf hidup kamu dalam keadaan cukup (sandang, pangan, papan, terpenuhi dengan baik) dan kamu memiliki uang lebih untuk di investasikan. Saya juga akan berasumsi kamu bisa mengambil resiko yang cukup tinggi di umur 20 an.

Saya akan memulai investasi se-dini mungkin terlepas dari berapapun jumlahnya namun di usia 20 tahunan yang perlu kamu bangun adalah kebiasaam ber investasi. Berapapun dana yang kamu miliki, sekecil 100 - 200 ribu rupiah setiap bulannya lebih baik daripada tidak melakukannya sama sekali

Saya akan memulai dengan menyisihkan dana tersebut pada reksadana pendapatan tetap dan melalukan setting auto debet pada rekening saya. Lanjutkan dengan reksadana saham dan obligasi pemerintah untuk jangka panjang

Tiga instrumen yang akan saya lirik di usia ini adalah saham, reksadana, dan obligasi pemerintah. Lakukanlah diversifikasi sebisa mungkin, jika memilih saham maka jangan berinvestasi pada saham di satu sektor saja.
Belajarlah untuk mengelola emosi kamu untuk tidak rakus dan gentar dalam situasi pasar yang buruk.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsenstrasi

Semua ini tujuannya adalah untuk membentuk kebiasaan dan mentalitas yang matang sebagai seorang investor. Kamu harus belajar menjadi investor handal di usia 20-an ini dan cara belajar terbaik adalah untuk langsung terjun praktek sambil terus melalukan analisa atas segala kesalahan investasi yang sudah kamu lakukan.

Resiko terbesar kamu di usia 20-an dalam berinvestasi adalah tidak melakukan investasi sama sekali karena takut gagal atau rugi. Jika kamu bisa take action di usia 20-an maka kamu sudah mengalahkan ribuan orang lainnya seusia kamu yang justru sedang senang-senang dan berfoya-foya dengan uangnya.




Inilah Investasi Terbaik Untuk Anda di Usia 20-an


Investasi Diri

Saya sangat setuju dengan pernyataan bahwa investasi yang paling penting adalah investasi pada diri sendiri. Dalam bentuk apa? Bisa buku-buku yang sesuai bidang kamu, seminar, workshop, dll. Karena biasanya umur 20-an masih tergolong fresh, jadi cukup bijak kalau banyak-banyak belajar dulu. Ingat ya sesuatu yang berhasil dan bermanfaat itu dimulai pada diri sendiri dahulu.

Investasi sosial

Investasi ke kehidupan sosial yang positif. Bangun koneksi sebanyak-banyaknya. Karena percaya deh, punya koneksi itu akan mempermudah urusan kita ke depannya.
Dulu semasa sekolah dan kuliah, saya banyak sekali bekenalan dengan orang-orang baru setiap harinya.
Manfaatkan media sosial sebagai media menambah jaringan Anda, jangan hanya menggunakan media sosial sebagai ajang pamer status saja.
Manfaat banyak teman itu sangat banyak loh, selain obat kesepian teman juga bisa menjadi tempat saling berbagi ilmu dan wawasan. Terkadang wawasan kita akan bertambah disaat kita sedang bercakap dengan orang-orang disekitar kita.
Suatu saat nanti, jaringan atau temanmu yang banyak itu akan sangat bermanfaat jika kamu telah memiliki suatu bisnis.

Investasi Reksadana

Saya tidak tahu bagaimana kondisi finansialmu, jadi saya asumsikan saja seperti saya dulu ya. Investasi reksadana saya rasa cukup bijak kalau memiliki dana yang terbatas dan tidak terlalu mengerti dunia saham. Tapi saran saya, tetap main analisis lah sedikit buat nentuin reksadana mana yang dipilih.

Baca Juga : Peluang Besar Intagram Untuk Memulai dan Mengembangkan Sebuah Bisnis 

No comments:

Post a Comment