CEO Dableg - Pengembangan Diri dan Belajar Bisnis Online

Blog tentang pengembangan diri dan belajar bisnis online

Breaking

Tuesday, July 24, 2018

Inilah Tips Bagaimana Cara Meningkatkan Daya ingat !

Inilah Tips Bagaimana Cara Meningkatkan Daya ingat ?


Cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, adalah pertanyaan yang terkadang banyak ditanyakan oleh orang-orang yang merasa daya ingatnya kurang tajam, sering lupa atau susah untuk mengingat apa yang telah dipelajari sebelumnya.

Setiap orng itu memiliki tingkat kecerdasan serta daya ingat yang berbeda-beda, namun bukan berarti Anda tidak bisa mengasah daya ingat tersebut menjadi lebih baik dan tajam lagi. Karena pada dasarnya tidak ada orang bodoh di dunia ini.

Yang membedakan Anda dengan orang lain hanyalah seberapa besar tingkat keinginan dan usaha Anda untuk berkembang menjadi lbih baik.

Setiap orang memiliki caranya sendiri untuk melatih daya ingat serta kecerdasan otak. Berikut beberapa teknik yang biasa saya aplikasikan untuk melatih daya ingat:


Pertama, eksplorasi metode mnemonic yang kamu suka dan anggap mudah.

Contoh pertama:
asosiasikan obyek yang ingin kamu ingat dengan sebuah obyek lain yang dipikiran kamu memiliki korelasi dengan obyek sebelumnya. Untuk mengingat “Rosa Parks” (pejuang HAM bagi African American), kamu bisa mengingat simbol “bunga mawar” dan “taman”. Visualization is key here!

Contoh kedua:
buat akronim yang menarik. Caranya adalah dengan membuat suatu kalimat menggunakan huruf pertama dari obyek yang ingin kita ingat. Misalnya, saat ingin menghafal urutan planet, mungkin kita bisa membuat akronim (Pluto sudah tidak dihitung lho!):

“My Very Excited Mom Just Served Us Noodles” (Mercury, Venus, Earth, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus and Neptune).

Pilih tempat belajar yang nyaman untuk kamu ya! Baik itu di kafe, perpustakaan maupun di rumah, usahakan pilih lokasi dan waktu yang konsisten sehingga alam bawah sadar kita langsung mengkorelasikan tempat X dan waktu Z dengan ‘its memorizing time!’.


Kedua, repetisi!

Ulangi, ulangi dan ulangi sampai rasanya kamu bisa mengulang informasi yang kamu cerna bahkan sambil tertidur. Ada orang yang memiliki preferensi mengulang dengan cara menuliskan kembali atau menggambar apa yang sudah dia ingat. Untuk saya pribadi, saya suka mengulang dengan cara role play menjadi ‘ibu guru’ dan menceritakan apa yang sudah saya pelajari didepan sepupu yang berusia lebih muda (efektif untuk melatih diri dalam menyederhanakan konsep yang telah saya pelajari sehingga mudah dimengerti pihak lain).


Terakhir, ‘positive reinforcement’.

Sebelum berusaha mengingat, visualisasikan bahwa diri kamu sudah ingat dan memiliki kapasitas untuk mengingat. Terkadang, kita sudah khawatir sebelum memulai. Positive reinforcement juga dapat dilatih dengan mengadopsi hidup sehat: konsumsi Superfoods dan biasakan olahraga, walaupun hanya jalan santai 30 menit diluar rumah untuk melihat pemandangan.

Yang tidak kalah penting, kurangi juga tingkat stres-mu dan energi maupun mental space yang dialokasikan untuk mengingat hal yang kurang penting. Misalnya: dimana meletakan kunci rumah, sudah balas email apa belum, dan pakai baju apa besok. Hal-hal rutin seperti ini ada baiknya di otomatisasi maupun didelegasikan, sehingga kapasitas kita untuk mengingat hal lain dapat menjadi lebih optimal.

Baca Juga : Investasi Terbaik Untuk Usia 20-an

Pola Hidup Sehat

Pola hidup yang sehat juga sangat mempengaruhi daya ingat serta konsenstrasi Anda loh, semkin sehat pola hidup maka tingkat daya ingat dan konsenstrasimu akan semakin baik dan terjaga tentunya.

Konsumsi makanan sehat untuk meningkatkan daya ingat


Hal-hal yang perlu Anda perhatikan meliputi :
  • Asupan gizi yang baik untuk otak
  • Rutin berolahraga
  • Sering mengasah/melatih otak  
  • Mengatur aktifitas sehari-hari secara baik
  • Miliki waktu istirahat yang cukup
  • Aktif bersosialisai, jalin hubungan yang baik dengan masyarakat
  • Gunakan obat-obatan sesuai saran dokter, karna terkadang ada beberapa obat yang bisa membuat/berdampak buruk bagi daya ingat jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama atau berlebihan.

Selamat berlatih mengingat, ya Sobatku.

No comments:

Post a Comment