CEO Dableg - Pengembangan Diri dan Belajar Bisnis Online

Blog tentang pengembangan diri dan belajar bisnis online

Breaking

Monday, July 23, 2018

Memahami Apa Itu Marketing Funnel Dalam Teknik Digital Marketing

Marketing Funnel atau Sales Funnel adalah salah satu teknik digital marketing, jika dalam bahasa indonesia kata tersebut corong pemasaran atau pipa corong.

Digunakan untuk mengarahkan atau memfilter konsumen kita untuk melakukan hal-hal yang kita inginkan. Yang pasti ujung-ujungnya supaya terjadi transaksi pastinya.

Teknik ini membantu kita untuk mengkonversi calon konsumen menjadi user.

Teknik ini juga membantu kita untuk mempengaruhi pelanggan di setiap channel marketing kita. Contoh, penawaran promo terbatas atau review positif user lain.



Asal marketing funnel/corong pemasaran

Corong pemasaran ada karena adanya perilaku konsumen online. Ini berkaitan dengan tahap pengambilan keputusan para konsumen online tersebut.





Tahapan tersebut secara umum terdiri dari 4 tahapan :

  1. Aware : Membuat target market menyadari keberadaan produk kita
  2. Interest : Membuat target market tertarik dengan yang kita tawarkan
  3. Decison : Membuat calon pembeli mengambil keputusan untuk membeli produk yang kita tawarkan
  4. Action : Calon pembeli akhirnya menjadi pembeli (Ini tujuan utamanya)

Hal ini disebut sebagai inbound marketing sebagai salah satu strategi digital marketing untuk dapat efektif mencapai tujuan bisnis, yakni konversi atau penjualan.

Tahapan inbound marketing tersebut diperlukan untuk melaksanakan kampanye secara terstruktur. Kinerja (KPI) pemasaran digital dapat di ukur per stage, dan dapat disesuaikan dari waktu ke waktu untuk menambah efektivitas dan efisiensi.






Dibawah ii akan sedikit saya ulas mengenai tahapan sebuah sales funnel yang bisa kita pelajari dan pahami.
 
Generating Leads

Generating Leads – bermaksud proses mengumpulkan nama & data peribadi potential customer kita. Proses ini biasanya didapatkan dengan cara email marketing, sosial media marketing, ataupun search engine marketing. Makin banyak database konsumen yang kita kumpulkan, makin banyak leads yang dapat juga makin banyak sales yang akan kita hasilkan.

Improve Conversion

Improve conversion – Untuk mendapatkan tingkat konversi user yang tinggi, pastikan website kita user friendly. Buat landing page sesuai dengan kebutuhan user, dan buat proses menjadi mudah. Pastikan juga untuk selalu update content website, karanacontent is the most powerful tools.

Repeat Business

Repeat Business – Terdapat banyak cara untuk follow up customer kita. Kamu bisa menjalin hubungan dengan konversi kita melalui email marketing atau mobile marketing. Sistem ini akan membantu revenue kita pada jangka waktu yang panjang. Lebih bagus lagi jika kamu dapat menganalisa customer behaviour untuk mengetahui minat mereka dan dari situlah kita boleh memikirkan lagi strategi pemasaran yang sesuai untuk mereka.

Increase Revenue

Increase Revenue – inilah gol kita. Gol kita adalah untuk mendapat sales yang tinggi dan kemudiannya dapat meningkatkan pendapatan penjualan kita.

Marketing funnel/Corong pemasaran mirip seperti corong untuk menuangkan minyak tanah..

Corong pemasaran juga bisa di artikan sebagai filterisasi, seperti yang dilakukan para pendulang emas.

Sebenarnya Marketing Funnel bukanlah satu-satunya teknik pemasaran online. Terdapat banyak cara lain dalam mengaplikasikan teknik digital marketing.

Itulah ulasan singkat mengenai apa itu marketing funnel atau sales funne.

Diulasan selanjutnya saya akan saya akan menulis bagaimana cara membuat sebuah Sales funnel/marketing funnel yang baik.

No comments:

Post a Comment