CEO Dableg - Pengembangan Diri dan Belajar Bisnis Online

Blog tentang pengembangan diri dan belajar bisnis online

Breaking

Saturday, July 14, 2018

Tips sukses berjualan di Instagram

Tips sukses jualan di Instagram, sebuah kalimat yang paling digemari para generasi milenial saat ini. Perkembangan dunia digital saat ini membuat para pelaku bisnis merubah strategi bisnis mereka yang sebelumnya offline menjadi serba digital/online.
Lalu bagaimana caranya jika kamu pemula dan ingin memulai jualan online ? sedangkan banyak pesaing/kompetitor yang kadang membuat kita merasa tak sanggup untuk menyainginya.

Tenang jangan takut apalagi sampai putus asa, karna banyak cara untuk sukses jualan oline yang bisa kamu lakukan. Di dunia digital/online semua hal tak terbatas alias apapun bisa terjadi, yang kamu butuhkan hanyalah tekad kuat dan keinginan besar untuk mau belajar.
Berikut mimin share sedikit ilmu dasar untuk kamu yang ingin memulai bisnis online, kamu bisa mengembangkannya sendiri agar bisnis/online shop kamu bisa sukses nantinya.

Inilah bebeapa tips cara sukses jualan di Instagaram :



1. Buat Akun Khusus untuk Jualan di Instagram 


Tips sukses berjualan di Instagram
Langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah membuat akun khusus untuk memasarkan produk-produk yang akan kamu jual. Jadi jika sebelumnya kamu berjualan menggunakan akun Instagram pribadi milikmu, maka segeralah beralih/membuat akun baru yang khusus untuk Brand atau toko online shop kamu. Hal ini akan membuat produk yang kamu jual terlihat lebih rapi dan tertata, dan customer pun tidak bingung.  


2. Mencari FollowersYang Banyak
Tips sukses berjualan di Instagram

Setelah akun instagram baru yang kamu buat, selanjutnya kamu perlu memperbanyak jumlah followers-nya. Karna jumlah followers adalah salah satu faktor penting agar calon pembeli tertarik/percaya untuk membeli roduk di Online Shop mu.  Namun untuk mendapatkan banyak followers yang aktif alias bukan bot memang tidak mudah, butuh proses dan waktu. Semua tergantung sebesar apa keinginan kamu, untuk mendapatkan jumlah followers dalam waktu yang singkat, langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu mencari akun yang berjualan produk yang sama dengan yang kamu jual dan akun tersebut harus banyakfollowers-nya. Selanjutnya kamu bisa mencuri pelanngan/followers kompetitor-mu tersebut untuk kemudian berbelanja di Online Shop kamu. Banyak tools dan alat memperbanyak Followers yang bisa kamu gunakan untuk melakukan proses ini, ada tool berbayar namun ada pula yang gratisan. Namun yang penting kamu harus mempelajari proses ini gar kamu terbiasa nantinya.
  

3. Upload Foto Yang Banyak
Tips sukses berjualan di Instagram

Saat pertama kali menggunakan Instagram, usahakan tutup/private akun IG kamu ya, disaat akun instagram kamu tersebut masih dalam keadaan tergembok, manfaatkan dengan meng-upload foto-foto produk yang kamu jual sebanyak-banyaknya. Upload lah poto produk-produk jualanmu sebanyak-banyaknya dengan kualitas dan tampilan semenarik mungkin. Jika kamu punya kamera DSLR maka gunakanlah untuk memotret produkmu agar memiliki kualitas/resolusi yang bagus untuk di upload, namun jika tidak punya kamu bisa menggunakan kamera Sartphone saja sudah cukup. Tapi ingat, walaupun kamu mengambil potonya dengan kamera smartphone, kamu harus memotretnya dengan bagus dan di tempat yang cerah. 


4. Poles Foto
Tips sukses berjualan di Instagram
Memotret foto dengan kualitas bagus atau kamera bagus tidaklah cukup. Kamu mesti mengedit lagi foto tersebut dan menambahkan teks yang menarik. Seperti diskon berapa persen atau kata-kata yang menggugah lainnya. Buat kata-kata yang memancing seseorang agar terpancing saat membaca kalimat tersebut! 
Jika kamu bingung membuat sendiri, kmu bisa menggunkan template-template instagram yang banyak di sgar di Internet bahkan di Goggle Play Store ada yang menyediakan Aplikasi edit poto khusus untuk media sosisal seperti Instagaram dll.


5. Beri Diskon

Ini dia yang paling ditunggu-tunggu, pastikan kamu menjualnya lebih murah dari akun competitor yang telah kamu ambil followers-nya. Untuk itu kamu perlu belajar mencari suplayer/suplier produk jualanmu yang benar-benar menawarkan harga termurah sehingga kamu bisa menjualnya dengan harga yang bersaing dengan kompetitor kamu nantinya.
Agar terlihat lebih menarik, poto produk yang kamu upload tersebut bisa kamu cantumkan harga lama, dan harga baru di bawahnya. Jangan lupa harga lama tersebut dicoret sebagai pertanda kalau barang tersebut sedang diskon. Karena pengguna instagram sangat suka dengan harga coret hehehe, apalagi para cewek-cewek ABG jaman Now. Begitu denger atau liat kata ‘DISKON’ saja udah langsung keluar jiwa shoppingnya.
Nah itu tadi beberapa langkah-langkah yang harus kamu lakukan jika baru memulai untuk
berjualan online di instagram. Saya juga mau kasih beberapa strategi jualan yang sangat efektif untuk membuat akun jualan kamu mencari trusted banget nih di mata customer.
  • Jangan lupa untuk melengkapi bagian pada profil akun olshop instagram kamu, seperti
    dengan mencantumkan nomor kontak yang bisa dihubungi. Kamu bisa memasukkan Pin
    BBM, ID Line, Nomor Handphone, Whatsaap, dan lainnya.
  • Gunakan foto profil akun instagram jualan kamu dengan logo atau gambar yang menggambarkan brand atau jualan kamu, tujuannya adalah untuk membuat calon pelanggan kamu lebih percaya terhadap akun olshop kamu.
  • Buka profil akun instagram toko online kamu, cari menu pengaturan dan klik akun
    tertaut, pilih akun social olshop kamu lainnya, seperti Facebook dan Twitter. Tujuannya,
    agar pada waktu kamu posting gambar di instagram, maka akun social yang kamu tautkan akan ter-share juga.
  • Usahakan gunakan hashtag saat memposting gambar, hashtag juga harus sesuai dengan produk yang sedang kamu jual. Contoh kamu berjualan tas, maka kamu bisa menggunakan hashtag #tasmurah #tasterbaru dan masih banyak lagi hashtag yang berhubungan dengan tas.
Demikian langkah-langkah dan strategi ber-jualan di instagram yang bisa saya berikan, semoga bisa membantu dan bermanfaat buat kalian para pemula yang ingin memulai bisnis berjualan di Instagram.

No comments:

Post a Comment