CEO Dableg - Pengembangan Diri dan Belajar Bisnis Online

Blog tentang pengembangan diri dan belajar bisnis online

Breaking

Saturday, August 4, 2018

Strategi Pengembangan Diri Menuju Kesuksesan

Apa itu pengembangan diri ?

Apa-itu-pengembangan-diri

Dalam pengertiannya, pengembangan diri adalah suatu kegiatan untuk meningkatkan potensi diri dan juga menumbuhkan bakat yang ada dalam diri seseorang sehingga menjadi pribadi yang lebih baik.

Menjadi sukses di usia muda adalah impian semua orang, terlebih mereka yang hidup di era milenial saat ini.

Pengembangan diri merupakan bidang keilmuan yang sudah sejak lama dikembangkan oleh para pakar/ahli dalam bidangnya. Dan menjadi sangat penting dikarnakan ini merupakan dasar utama untuk sesorang menjalani kehidupannya sehari-hari.

Menurut beberapa ahli pakar ilmu pengembangan diri seperti Abraham Maslow, Mc Clelland, dan Erik Erikson. Mereka mengungkapkan apa itu pengembagan diri dan betapa seberapa penting kita untuk mempelajarinya. Pada dasarnya adalah bagaimana caranya agar supaya kita mampu mengidentifikasi diri dan mengelola kelebihan serta kekurangan kita untuk kemudian kita dikembagkan menjadi sesuatu yang berdampak positif.


Tujuan dan Manfaat Pengembangan Diri

manfaat-tujuan-pengembangan-diri

Dalam kasus-kasus tertentu, terkadang seseorang merasa perlu mengembangkan diri dengan alasan dan tujuan seperti :

- Meningkatkan kepercayaan diri
- Menemukan bakat/potensi diri yang terpendam
- Menjadi pribadi yang lebih baik
- Memiliki bisnis yang menghasilkan banyak uang
- Ingin sukses di usia muda
- Mempercepat jenjang karir dalam bekerja
- meningkatkan prestasi belajar disekolah maupun di tingkat mahasiswa
- Menumbuhkan inner beauty (Ini yang paling banyak dicari)
- dan lain sebagainya

Banyak Manfaat yang bisa kita dapatkan dalam pembelajaran pengembangan diri.
Kita akan belajar dan mengenal diri sendiri secara mendalam, dan juga mengetahui kelebihan dan kekurangan diri sendiri.

Dengan begitu kita bisa mengorientasikan hal apa yang cocok untuk kita lakukan selanjutnya, setip langkah dan keputusan yang kita ambil akan lebih tertata dengan baik jika kita memiliki manajemen pengembangan diri yang baik.

Sebagian besar orang "gagal" didunia ini memiliki akar masalah yang relatif sama.
kepercayaan diri yang rendah, membuat mereka tidak berani atau tidak mampu mengutarakan apa yang sebenarnya dia bisa lakukan/ketahui.

Minimnya rasa percaya diri juga disebabkan oleh gagalnya seseorang dalam mengidentifikasi potensi diri atau bakat yang dia miliki.
 Secara logika, manusia akan lebih percaya diri jika membicarakan/mengerjakan apa yang dia ketahui/kuasai.

Untuk itu, kita perlu mengenali diri sendiri dulu sebelum melangkah dan menjalin hubungan interpersonal.

mulailah belajar mengenali siapa kamu sesungguhnya. Ketahui kelebihan dan kekuranganmu sedini mungkin jika Kamu ingin memiliki hidup yang lebih berkualitas.


Proses Pengembangan Diri

belajar-proses-pengembangan-diri

Sejak lahir manusia sudah mengalami apa itu yang disebut proses pengembangan diri, secara umum bisa terlihat sejak kita mulai belajar cara berbicara, cara untuk berjalan, hingga cara untuk mendapatkan sesuatu.

Tentu proses pengembangan diri setiap orang itu berbeda-beda.

Hal tersebut dapat dipengaruhi oleh banyak hal, mulai dari lingkungan tempat tinggal, tingkat kebutuhan, hingga tingkat usia (mulai dari lahir, anak-anak, remaja, dewasa, tua).

Untuk remaja, tentu akan memiliki proses pengembangan diri yang berbeda dari mereka yang telah dewasa.

Para anak-anak atau remaja cenderung memiliki pribadi yang belum mandiri. Maksudnya adalah mereka masih dalam proses menentukan dan mencari "jati diri".

Sedangkan orang yang telah dewasa cenderung sudah (seharusnya) memiliki suatu tujuan hidup, memiliki planing/rencana yang jelas. Hal ini belum tentu dimiliki oleh semua orang, karna banyak juga yang sudah berusia tua namun masih seperti anak-anak atau belum memiliki tujuan hidup yang jelas.

Untuk itulah perlunya mempelajari pengembangan diri sejak dini guna menata hidup menjadi lebih baik, baik itu secara finansial, kesehatan (jasmani dan rohani), dan juga hubungan yang baik antar sesama.

Satu lagi faktor yang mempengaruhi dan juga menghambat proses pengembangan diri sesorang, yaitu tingkat kesejahteraan ekonomi.

Namun semua itu kembali ke diri masing-masing, di era milenial seperti saat ini banyak sekali informasi yang bisa kita dapatkan secara mudah dan gampang untuk dipelajari.

Peran semua lini sangat diperlukan dalam proses pengembangan diri, mulai dari orang tua, guru disekolah, hingga mereka publik figur yang di idolakan oleh banyak anak muda.


Metode dan Strategi Pengembangan Diri

Metode-dan-Strategi-Pengembangan-Diri

Pengembangan diri adalah sesuatu yang tak terbatas, tidak ada batasan utuk kamu menentukan sejauh mana kamu akan berkembnag.

Seperti kutipan dari seorang pakar manajemen dan ekolog sosial "Peter Drucker", beliau juga disebut sebagai bapak manajemen modern.

“Kita berkembang hanya sejauh yang kita tuntut kepada diri kita sendiri”
—  Peter Drucker  —

Intinya pengembangan diri (self development) adalah tanggung jawab masing-masing orang secara individu.

Sebelum memulai mempelajari kiat-kiat pengembangn diri, hal pertama yang perlu kamu catat adalam "IMPIAN".

Catatlah impian terbesar apa yg ingin kmu capai, jika kamu tidak tau maka mulailah memikirkan impian seperti apa yang kamu harapkan bisa terwujud suatu saat nanti.

Mengapa harus memiliki impian ?

Impian itu bisa disebut juga cita-cita atau harapan, lalu kenapa kita perlu memiliki sebuah impian ?

Saat kita berkomitmen untuk mencapai sebuah impian, maka secara tidak kamu sadari impian tersebut akan menjadi magnet yang akan menarik kita kesana.

Impian adalah motor pendorong terhebat untuk terjadinya perubahan dalam hidup kita. Jangan pernah meremehkan kekuatan sebuah impian walau itu hanya sekedar anagn-angan.

Ingatlah semua hal menakjubkan yang ada saat ini berawal dari sebuh mimpi gila dari segelintir orang yang sangat mempercayai impiannya akan terwujud.

Belajarlah dan perbanyak melihat kisah sukses orang lain juga bisa memberikan kamu suntikan semangat dan motivasi.

Kisah sukses favorit saya seperti Jack Ma, Steave Job, Mark Zuckerburg, dan masih banyak lagi.


Berikut adalah 14 langkah efektif yang bisa kamu lakukan untuk pengembangan diri :

1. Buatlah sebuah buku catatan
Catat semua rencana dan juga tindakan yang akan kita lakukan dalam pengembangan diri

2. Definisikan tujuan kita
Misal untuk Pelajar, tulis kampus impianmu, cita-citamu, dan alasanmu menyuakai sesuatu hal tertentu (Hobi). Jika kamu seorang pekerja/karyawan, tulislah catatan sperti jalur karir yang ingin kita jalani, keahlian yang dibutuhkan dalam jalur karir yang akan kita jalani, dan hal-hal lain yang menunjang karirmu.

3. Definisikan diri kamu
Dengan cara membuat profil diri, tulis catatan berisi kamu tipe orang yang seperti apa, hal-hal yang kita sukai dan tidak kita sukai dari pekerjaan kita, dan aspirasi kita, catat selengkap mungkin tentang dirimu.

4. Tulis kekuatan dan kelemahan
Dalam hal/situasi seperti apa kita dapat melakukan secara baik, dan dalam hal/situasi apa kita melakukan yang kurang baik.

Contoh: Saya sangat percaya diri berpendapat didepan orang ketika saya telah mempelajari topik tersebut malam sebelumnya. Dan saya sangat tidak percaya diri disaat saya harus mengutarakan pendapat kepada atasan atau orang yang jabatannya diatas saya.

5. Buat daftar pencapaian
Yaitu tentang apa saja hal-hal yang telah kita capai, seberapa penting pencapaian tersebut dan mengapa pencapaian tersebut menjadi penting ?

6. Pahami gaya belajar yang tepat untuk diri kita
Setiap orang memiliki gaya dan kondisi kenyamanan berbeda-beda dalam belajar. Buatlah daftar pengalaman belajar yang penting, coba kamu ingat-ingat lagi dimana dan kapan kita belajar sesuatu yang berharga.

7. Mintalah pendapat orang lain
Mintalah pendapat kepada orang lain untuk memberikan pendapatnya tentang kekuatan dan kelemahanmu, dan apa yang harus kita lakukan untuk mengembangkan diri kita. Jangan selalu menganggap diri kita lebih baik dari orang lain, terbukalah untuk menerima masukan dan kritikan.

8. Fokus pada saat ini
Apa yang terjadi saat ini, pekerjaan kita saat ini, keahlian yang kita miliki saat ini, dan kebutuhan pengembangan diri jangka pendek saat ini, dan hal lain yang kamu rasa diperlukan satat ini.

9. Berfokuslah kepada masa depan
kamu telah menulis impianmu, dimana kita ingin berada pada jangka panjang dan bagaimana cara kita mencapainya (termasuk keterampilan-keterampilan yang harus kita pelajari dan kita kembangkan).

10. Imajinasi
ibarat sebuah layang-layang kmu bisa menerbangkannya setinggi yang kamu mau.
Bayangkan kamu menjadi sesuatu, melakukan dan memiliki segalanya.

11. Bertindak seolah-olah
maksudnya adalah kamu nempatkan/memposisikan dirimu seolah-olah sudah berada pada posisi tertentu. Ini sangat berkaitan dengan mimpi dan imajinasimu.

12. Rubah mindset-mu
tentang segala hal yang terjadi, mulailai berpikir akan pluang dan kemungkinan yang ada dari suatu masalah.

Misal, 1+1 belum tentu 2 atau 1+1 bisa jadi 11, dan lain sebagainya. rubahlah pola pikirmu menadi terbuka untuk segala kemungkinan.

13. Rencanakan strategi pengembangan diri kita
Bagaimana cara kita mencapai ambisi kita. Mulai dari manajemen/perencanaan diri hingga strategi/atcion untuk mencapai semua itu.

14. Hukum Petani
kamu akan mendapatkan apa yang kamu tanam, jika benih padi yang kamu tanam maka jangan berharap panen semangka. Semua butuh proses (tidak ada yg instan kecuali mie instan) untuk mencapai sesuatu. kamu perlu merawat tanamanmu sebaik mungkin dan meminimalisirkan kerugian yang akan timbul.

Memiliki kepribadian yang yang berkualitas adalah hal yang diinginkan oleh banyak orang.
Namun kebanyakan orang tidak menyadari bahwa apa yang ia kerjakan justru menjauhkan diri dari kualitas hidup yang baik.

Banyak orang yang ingin berprestasi di bidang akademik, namun mereka malas untuk membaca, malas untuk belajar, malas mengerjakan PR, dan lain

sebagainya. Apakah mungkin dia akan akan memperoleh nilai yg baik ?

Banyak pula orang yang ingin sukses dan punya banyak uang, namun dia malas bekerja, selalu iri dengan keberhasilan orang lain, tidak mmau belajar

dari orang-orang yang sudah sukses duluan.
Apakah mungkin mereka akan menjadi kaya dan banyak uang ?

Ingat hukum petani ?
Apa yg kamu tanam itulah yg kamu panen kelak.

Apa yang kamu kerjakan saat ini adalah gambaran seperti apa kamu di masa depan, jika kamu malas maka masa depanmu tidak jauh dari seoang yang pemalas.

Tidak ada kata terlambat untuk belajar dan berkembang, batas nyata sebuah proses pembelajaran adalah kematian.

Tentukan pilihanmu, kamu ingin dikenang orang lain seperti apa ?

Apa yang ada dikepalamu saat mendengar nama "Bill Gates" ?

Saya rasa kita semua ingin dikenang sebagai manusia yang berguna dan memiliki nilai untuk orang disekitar kita.

Tidak harus untuk seluruh dunia, sekedar membahagiakan untuk orng tua dan keluarga juga termasuk penghargaanyang mulia.

Nikmatilah proses pengembangan diri dengan baik, pelajari setiap proses hidup sebagai bagian dari rencanamu.
Jangan pernah melakukan sesuatu tanpa menyadari akibatnya, meski terkadang kita dihadapkan pada sebuah pilihan yang kita tidak tau akibatnya.

Namun kita bisa menentukan langkah antisipasi dari kemungkinan terburuknya.

Sepertinya sampai disini dlu ulasan saya mengenai pengembangan diri.

Selanjutnya Kamu bisa mengembangknnya sendiri, dengan menyusun konsep pengembangan diri yang dan juga aspek apa saja yang perlu kamu pelajari untuk menumbuhkan bakat yang ada dalam diri kamu.
 

No comments:

Post a Comment