CEO Dableg - Pengembangan Diri dan Belajar Bisnis Online

Blog tentang pengembangan diri dan belajar bisnis online

Breaking

Friday, August 10, 2018

Tips Memilih Beriklan di Facebook Ads atau Google ads ?

Banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan jasa periklanan (Advertising) dalam mengembangkan bisnisnya.
Namun disini saya hanya akan menjelaskan tentang 2 raksasa periklanan online terbesar yaitu Facebook ads dan juga Google ads.

Dengan pengguna yang sangat besar, menjadikan Facebook dan Googel menjadi pilihan terbaik untuk beriklan atau mengiklankan bisnismu.

Tentu sebelum menggunakan jasa periklanan kita harus mengerti dahulu, apa itu facebook ads, apa itu google ads, apa kelebihan dan kekurangan facebook ads taupun google ads, dan sebagainya.

Dengan mengetahui keunggulan dan kekurangan facebook ads ataupun google ads, kita akan tau kapan waktu yang tepat untuk menggunakan/beriklan di facebook ads atau beriklan di google ads. Jadi tidak asal suka-suka saja, banyak faktor dan pertimbangan yang harus Anda ketahui.

Saya akan mengulas beberapa tips beriklan di facebook ads atau google ads yang bisa anda kembangkan sendiri nantinya.

Apa itu facebook ads dan Gogle ads ?


Kita bahas dulu facebok ads ya,

Facebook ads (iklan facebook) adalah fitur periklanan milik facebook yang akan menampilkan bisnis Anda di halaman/beranda Facebook.
Tentu bukan hanya bisnis, bisa juga even atau apapun itu tergantung permintaan dari advertiser (si pengiklan).

Dimana iklan facebook ini ditampilkan ?
Biasanya di sidebar (kotak-kotak) sebelah kanan halaman facebook atau juga di anatara feed post.

iklan tersebt bisa berupa page, video, aplikasi, game, dan lain-lain.

Jika Anda melihat/menemukan postingan yang bertulisakan "Bersponsor" atau "Sponsored" maka sudah dipastikan itu adalah iklan dari Facebook ads.
Contohnya seperti gambar dibawah ini.

cara-membuat-iklan-bersponsor-di-facebook


Bahkan Google Ads saja beriklan di facebook, seperti gambar dibawah ini.

cara-membuat-iklan-di-facebook-secara gratis


Biaya beriklan di Facebook ads relatif murah dibandingkan google ads.
banyak sekali para internet marketers yang sudah membahas dan memberikan tips cara beriklan di facebook ads. Dan tentunya banyak juga orang -orang yang sukses setelah beriklan di facebook ads.

Sekarang kita bahas tntang Google ads,
Googl ads atau lebih familiar disebut Google AdWord adalah platform periklanan dari Google, dimana kita (advertiser) dapat mengatur iklan bisnis kita.

Dimana iklan Google ini ditampilkan ?

Iklan tersebut akan muncul di berbagai situs/partner dari google itu sendiri.
Seperti halaman pencarian google, blogger, website, youtube, Gogle play, dan partner google yang lain.

Jika kamu mencari sesuatu di google dengan mengetikkan suatu kata tertentu biasanya website menempati halaman pertama hasil pncarian adalah website-website yang sudah diiklankan di goggle.
Meeski tidak semua kata kunci selalu muncul iklan, tapi biasanya untuk kata-kata kunci tertentu akan menampilkan hasil pencarian berupa iklan.
Contoh gambar dibawah ini.

Mengiklankan-produk-di-google-gratis


Ciri-cirinya adalah adanya tulisan "iklan" atau "Ads" didepan link website, sama seperti facebook yang menggunakan kata "Bersponsor" atau "Sponsored".
Lalu iklan google paling familiar yang lain adalah di YouTube.
Kamu pasti sering menonton video tiba-tiba muncul iklan dan Anda diberi pilihan untuk skip-ad/melewati iklan tersebut.


Manfaat, Kelebihan, dan Kekurangan Facebook Ads dan juga Google Ads


Dengan beriklan di facebook ataupun di google tentu memiliki banyak manfaat.
Selain untuk mengenalkan bisnismu kepada banyak orang, kamu juga bisa mengembangkan bisnismu dengan data/laporan yang diperolah setelah beriklan disana, meningkatkan omset penjualan, dan lain sebagainya.

Sebelum kamu memutuskan akan beriklan di facebook atau di goole, sebaiknya kamu pahami dulu ilustrasi yang saya jelaskan dibawah ini.

Contoh pertama

Misal kamu sedang berkumpul bersama keluarga, duduk santai dan ngobrol di teras rumah.
Anggap saja hari ini cuca mendung, suasanapun terasa dingin.

Saat sedang asyik bercanda gurau, lalu ada tukang bakso lewat dan berteriak "Baksoo baksoo".
Pas sekali bukan, cuaca dingin tiba-tiba ada yang hangat-hangat. hehehe

Contoh kedua

Skenario satu lagi adalah dimana ini adalah tahun ajaran baru dan anak kamu membutuhkan sepatu warna hitam baru.

Singkat cerita pergilah Kamu ke suatu mal bersama anakmu tersebut, memasuki toko sepatu satu per satu dan menanyakan kepada si pelayan toko apakah mereka menjual sepatu sekolah warna hitam dengan ukuran 35 misalnya.

Kesimpulannya

Contoh pertama atau Skenario bakso adalah Facebook ads dan contoh kedua atau skenario beli sepatu di mal adalah Google Adwords.

Skenario bakso adalah Facebook ads dan skenario beli sepatu di mal adalah Google Adwords.
Gak ada yang lebih baik, tergantung kamu menjual produk dengan tipe yang seperti apa, bakso kah ? atau sepatu hitam ?
Tergantung tujuan, setiap medium/channel punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Bisa juga di test menggunakan keduanya (dengan landing page yg sama tapi beda url) dan dinilai mana yg lebih efektif untuk campaign tersebut.

Di facebook ads kamu bisa mentargetkan orang-orang dengan interesting tertentu, biaya bisa lebih murah, dan bisa menampilkan dalam bentuk gambar

atau video dipadukan dengan teks.

Semakin tidak tertarget iklanmu terhadap orang-orang, maka semakin mahal biaya iklanmu (buatlah semenarik dan relevant terhadap interest target

iklan).

Sedangkan jika beriklan di Google Ads, kamu bisa mentargetkan berdasarkan keyword (kata kunci) tertentu, dengan kekuatan iklan terletak pada headline dan juga teks iklan saja.

Mana yang lebih bagus? google ads atau facebook ads ?

Tergantung seperti apa jenis produkmu dan juga tujuanmu.

Katakanlah bisnis kamu adalah “jual hijab muslim merek AHA”. Maka kamu harus tau orang-orang yang seperti apa yang menyukai hijab tersebut.

Orang-orang yang jika dikasih gambar hijab yg menarik, maka dia akan klik untuk melihat. Maka sebaiknya gunakanlah facebook ads.

Atau contoh lain Jika anda mau “jual jasa pijat capek kota bandung” misalnya, anda tak perlu mencari orang dengan interest/ketertarikan tertentu kan ?.
Maka gunakanlah Google Ad dengan mencari sebanyak-bnyaknya keyword turunan dari “jasa pijat capek bandung”.

Kelemahan dari facebook ads dan google ads sebearnya terletak pada penggunaanya.
Untuk Anda yang belum pernah atau baru pertama kali menggunakan jasa periklanan facebook dan goole pasti merasa kesulitan.

Biasanya kesuliatan yang utama adalah cara menentukan/membuat elemen-elemen iklan.

Jika di facebook ini sering disebut Facbook Pixel, didalam facebook pixel tersebut terdapat beberapa elemen yang perlu benar-benar Anda riset dan cari tau, seperti target konsumen (umur, hobi, komunitas, daya beli, dll).
Kuncinya adalah ada di sisni, semakin tepat riset Anda maka traffik yang Anda dapatkan dari iklan tersebut akan semakin tertarget.

Satu lagi, jika Anda beriklan di facebook ads berarti Anda juga beriklan di Instagram. Karena Instagram adalah perusahaan yang sudah dibeli/menjadi bagian dari Facebook Inc.

Jika di google, sepertinya akan sedikit berbeda ya. Jika beriklan di Googel maka yang anda perlukan adalah meriset kata kunci.

Apa itu kata kunci ? kata kunci didalam google ads ini diartikan sebagai kata yang paling sering digunakan oleh orang-rang dalam mencari informasi di mesin pencarian google.

Misal Anda bisnis Anda adalah "Jual Laptop", maka Anda perlu riset dan mencari tau kata apa yang sering digunakan seseorang jika mereka ingin mencari/membeli sebuah laptop.
Misal kata kuncinya "jual laptop murah, Toko jual beli laptop, dan lain-lain".
Selalin itu Anda juga harus melihat tingkat persaingan dari kata kunci tersebut beserta volume/banyaknya pencarian dnegan kata kunci tersebut.

Jadi tidak asal menentukan kata kunci, karna yang beriklan di goole bukan hanya Anda sendiri, ada ribuan perusahaan yang beriklan di google.

Jadi Anda harus benar-benar serius dalam mencari kata kunci yang cocok untuk iklan Anda agar Iklan Anda bisa muncul setiap kali ada orang yang mencari dengan kata kunci tersebut. Jika Anda salah, maka Iklan Anda akan kalah dengan kompetitor anda.

Misal dalam pencarian kata kunci "Jual laptop Murah", iklan Anda bisa muncul di paling atas bisa juga dibawah kompetitor Anda.

Banyak yang perlu Anda pelajari sebelum menerbitkan sebuah iklan, namun itu adalah hal yang bisa dipelajari jik Anda berniat untuk belajar dan mengembangkan bisnis Anda dengan Internet marketing atau pemasaran digital.

Itulah ulasan mengenai apa itu facebook ads dan google ads.

Untuk cara membuat iklan di facebook ads dan google ads akan kita bahas di Artikel selanjutnya.

No comments:

Post a Comment