CEO Dableg - Pengembangan Diri dan Belajar Bisnis Online

Blog tentang pengembangan diri dan belajar bisnis online

Breaking

Sunday, August 19, 2018

Jenis Kulit Serta Cara Merawat Kulit Wajah Pria dan Wanita

Memiliki kulit yang sehat adalah dambaan semua orang, terutama untuk mereka yang baru menginjak usia remaja/puber pasti pernah mengalami masalah pada kulit wajah seperti jerawat dan lain sebagainya.

Setiap orang memiliki karakteristik kulit wajah yang berbeda-beda.

Sebelum menemukan cara perawatan kulit wajah dan juga produk apa yang tepat untuk kesehatan kulit Anda. Alangkah baiknya kenali dulu apa jenis kulit wajah Anda.

Pada umumnya ada 5 jenis kulit wajah, yaitu jenis kulit normal, kulit kering, kulit berminyak,  jenis kulit sensitif, dan juga jenis kulit wajah kombinasi.
Kita akan bahas satu-persatu jenis-jenis kulit tersebut hingga tips perawatannya.

Tips-perawatan-kulit-pria-dan-wanita
cara merawat kesehatan kulit wajah sensitif, berminyak, berjerawat, kombinasi, secara alami

Jenis Kulit Wajah Normal

Jenis kulit ini memiliki keseimbangangan kadar air dan minyak yang cenderung baik, maka beruntunglah jika Anda memiliki jenis kulit yang normal.

Karena jenis kulit ini memiliki keseimbangan air dan minyak, maka perawatannya-pun cenderung lebih mudah. Yang perlu kamu lakukan hanyalah membersihkan wajahmu secara teratur menggunakan produk khusus untuk kulit wajah normal.

Cobalah mencari produk yang cocok untuk kulit wajah normal, karna terkadang sabun pembersih wajah yang tidak cocok akan membuat kulit wajah menjadi kering dan berminyak, maka Anda perlu mengganti sabun tersebut.

Pilihlah jenis sabun pembersih wajah yang lembut  dan gunakan air hangat untuk menggosok bagian kulit wajah, lakukan hal tersebut secara halus dan merata.


Jenis Kulit Wajah Kering

Untuk Anda yang memiliki jenis kulit wajah kering, biasanya akan terasa kering ketika di sentuh dan mengakibatkan keretakan pada permukaan kulit.
Hal ini disebabkan oleh kurangnya kelembapan dilapisan kulit terluar wajah Anda, menyebabkan pori-pori kulit wajah relatif tak terlihat dan wajah terlihat kusam serta kurang elastis.

Masalah yang sering timbul, biasanya kulit wajah terasa gatal, mudah memerah, terlihat bersisik dan meradang.
Namun banyak faktor lain yang menyebabkan kulit wajah menjadi kering, seperti faktor genetik, perubahan hormon, penuaan, sinar matahari, cuaca dingin, dan juga radiasi ultraviolet.

Untuk Anda yang suka mandi menggunakan air panas terlalu lama juga bisa menyebabkan kulit wajah menjadi kering. Selain itu penggunaan produk kosmetik, sabun wajah, pembersih, dan juga obat-obatan juga bisa menjadi faktor penyebab kulit wajah kering. Jadi mulailah memahami dan mencari tau produk perawatan wajah yang kamu gunakan, jika perlu berkonsultasi ke dokter kulit mengenai produk tersebut jika merasa ada masalah yang timbul etelah pemakaian.

Untuk Anda yang memiliki kulit wajah kering, bisa coba lakukan hal-hal dibawah ini :

  • Menggunakan produk pembersih wajah yang lembut dan juga tidak mengandung unsur alkohol serta wewangian.
  • Anda suka mandi dengan air hangat ?, mulai sekarang sebaiknya jangan suka berlama-lama mencuci muka dengan air hangat ya.
  • Biasakan menggunakan produk pelembab wajah setiap kali selesai mncuci muka dan juga masker alami secara rutin.
  • Jika Anda menggunakan sabun pembersih, cobalah produk sabun wajah yang mengandung bahan pelembab, contohnya seperti emolien atau colloidal oatmeal.


Jenis Kulit Wajah Berminyak

Jenis kulit wajah berminyak disebabkan oleh produksi zat minyak (sebum) dari kelenjar sebaceous (kelenjar minyak) yang berlebih.
Pada dasarnya sebum memiliki fungsi melindungi dan melembapkan kulit, namun jika kelebihan sebum maka akan menyebabkan kulit wajah kita menjadi berminyak, sehingga pori-pori menjadi tersumbat dan akan menimbulkan masalah jerawat.
Tingginya produksi sebum pada kulit seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya, faktor genetik, perubahan hormon, atau pun stres uga mmpengaruhi tingkat produksi sebum (zat minyak).

Untuk Anda yang memiliki jenis kulit ini, bisa simak tips merawat kulit wajah berminyak berikut ini :

  • Hindari penggunaan produk pembersih wajah yang mengandund geterjen, serta gunakan sabun pencuci muka yang lembut dengan kandungan gliserin.
  • Jaga kebersihan wajah dengan selelalu mencuci wajah setiap hari, misal 2-3 kali sehari sesuai aktivitas dan kebutuhan saja.
  • Gunakan kertas minyak untuk membantu meminimalisir produksi minyak yang berlebih pda wajah.
  • Pakailah jenis masker wajah untuk merawat jenis kulit wajah berminyak, seperti msker madu, masker lidah buaya, masker tomat, masker telur-lemon, masker almond, dan lain sebagainya yang bisa digunakan untuk perawatan wajah berminyak.
  • Konsumsi makanan sehat dan hindari jenis makanan yang banyak mengandung minyak (digoreng dengan minyak), dan juga makanan tinggi gula. Makanan olahan juga bisa menyebabkan tingkat produksi minyak pada wajah menjadi berlebih.
  • Kurangi penggunaan make up disaat kondisi kulit wajah terlalu berminyak, terutama penggunaan foundation. Sebisa mungkin gunakanlah produk wajah yang berbasis air bukan minyak. Lihat label produk tersebut dan cari yang berlabel Noncomedogenic karna cenderung tidak menyumbat pori-pori wajah.   
  • Jika kulit masih terlalu berminyak setelah menggunakan produk pmbersih wajah yang umum, cobalah menggunakan produk lain yang mengandung asam seperti asam salisilat, benzoil peroksida, asam glikolat, atau juga asam beta-hodroksi untuk membersihkan wajah berminyak.
  • Dan jangan lupa selalu gunakan produk tabir surya serta pelembab wajah yang bebas minyak jika akan beraktivitas.
  • Jika kulit wajah masih terlalu berminyak meski telah menggunakan produk-produk perawatan yang dijual dipasaran, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter kulit. Bisa jadi ada masalah pada kulit wajah yang memerlukan perawatan khusus dari dokter.



Jenis Kulit Wajah Sensitif

Jenis kulit sensitif mudah sekali mengalami alergi dan juga iritasi, hal ini disebabkan kulit sensitif memiliki kepekaan yang lebih terhadap beberapa hal dan pengaruh eksternal, seperti stres, sinar UV atau udara kering akibat sistem pemanasan, tanaman, makanan, dan juga produk kecantikan (kosmetik).

Saat terjadi kontak antara kulit wajah dan pemicunya (udara, tanaman, makanan, dll), kulit wajah cenderung akan mudah mengalami iritasi, timbul kemerahan, kering dan kencang, gatal-gatal, pengelupasan, serta bisa juga terbakar. Hal itu terjadi karena kulit menjadi tidak seimbang.

Prawatan jenis kulit sensitif memerlukan perawatan yang khusus, sebelumnya Anda harus mengetahui pemicu yang menyebabkan reaksi berupa alergi atau iritasi. Gunakan air hangat sabun wajah yang lembut untuk membilas wajah, hindari menggosok wajah.

Pastikan produk perawatan wajah yang digunakan tidak mengandung alkohol, asam, dan juga bahan wewangian. Cobalah untuk mengganti produk perawatan kulit wajah dengan produk yang mengandung lidah buaya, teh hijau, polifenol, chamomile, dan gadum. .

Saat reaksi diatas muncul (gatal, kering, dll), sebaiknya kosultasi ke dokter terlebih dahulu guna memastikan kulitmu tidak ada masalah yang membahayakan. Dan juga memastikan apakah reaksi/kondisi tersebut merupakan kulit sensitif atau hanya alergi pada zat-zat tertentu.

Jenis Kulit Wajah Kombinasi

Apa itu jenis kulit wajah kombinasi ?
Jenis kulit wajah kombinasi adalah perpaduan antara kulit kering dan kulit berminyak.
Jika Anda memiliki jenis kulit ini, maka bagian kulit yang berminyak berkonsentrasi di zona-T (dahi, hidung, dan dagu), dan kering dibagian yang lain.

Terdapat komedo dan juga pori-pori yang membesar, pada bagian wajah yang berminyak akan terlihat berkilau.
Jenis kulit wajah kombinasi dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya, fakor gnetik atau puber, dan juga faktor cuaca.

Lalu bagaimana perawatan pada kulit wajah kombinasi ?
terkadang memerlukan berbagai produk perawatan kulit wajah untuk merawat kulit jenis ini. Setiap bagian wajah bisa menggunakan produk pembersih yang berbeda, misal pada bagian yang kering menggunakan pembersih yang ringan lalu pada bagian yang berminyak (zona-T) menggunakan produk anti jerawat.


Gimana ? Sudah tau jenis kulitmu seperti apa ?
Cobalah menggunakan produk perawatan sesuai dengan jenis kulit ya, dan perhatikan jenis serta komposisi make up yang Anda gunakan.

Selalu hindari kontak secara langsung dengan sinar matahari, Anda bisa menggunakan pelindung seperti topi yang lebar, kacamata, dll.
Produk tabir surya juga sangat bermanfaat untuk melindungi kulit dari sinar UV.

Jika bingung, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter kulit guna memastikan secara jelas dan baik jenis kulit dan perawatannya.

No comments:

Post a Comment