Cara Mudah Memulai Bisnis Online Laris Modal Kecil

Sebelum terjun kedunia bisnis, terutama dalam memulai bisnis online yang akan kita bahas di artikel kali ini. Alangkah baiknya kita cari tau dulu apa itu bisnis? Dan apa saja hal-hal penting yang perlu kita tau saat ingin memulai berbisnis.

Tentu memiliki bisnis online yang laris manis adalah tujuan kita, jadi jangan sampai usaha bisnis online yang kita jalankan menjadi sia-sia hanya karna kita gak tau ilmunya.

Dibawah ini Saya sudah merangkum cara praktis memulai bisnis online dari rumah yang bisa kamu pelajari dan terapkan kedepannya.

Cara Mudah Memulai Bisnis Online Laris Modal Kecil
Foto oleh Kampus Production dari Pexels

 

Pengertian Bisnis Online

 

Secara umum,

Bisnis adalah serangkaian kegiatan yang terorganisasi dalam usaha menjual produk (barang/jasa) dengan tujuan mendapatkan keuntungan (laba) yang dijalankan oleh perseorangan, persekutuan, atapun perusahaan.

Lalu bagaimana dengan bisnis online?

Ya sama saja, bedanya hanya terletak pada metodenya saja yaitu dilakukan secara online (digital).

Jadi kalau dirangkai menjadi sebuah kalimat,

Bisnis Online adalah serangkaian kegiatan yang terorganisasi dalam usaha menjual produk (barang/jasa) dengan tujuan mendapatkan keuntungan (laba) yang dijalankan secara online (digital) oleh perseorangan, persekutuan, atapun perusahaan.

Yang jadi pertanyaan selanjutnya adalah, kenapa kita harus memulai bisnis online? Kan berbinis secara offline saja bukannya sudah cukup ya?

Jawabannya sangat sederhana, yaitu untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang saat ini sudah tidak mengenal lagi batasan jarak, tempat, dan waktu.

Coba kamu pikirkan, kenapa perusaan sebesar Alfamart dan Indomaret yang sudah memiliki cabang di seluruh Indonesia, namun mereka masih menawarkan produknya secara online.

Tentu bukan sekedar untuk keren-kerenan saja kan? Pasti ada alasan kenapa mereka gak mau mengesampingkan kebutuhan belanja secara online yang memang saat ini sudah menjadi tren di tengah masyarakat.

Lebih lengkapnya akan kita bahas nanti dibawah, silahkan baca sampai selesai ya.

 

 

Jenis-Jenis Bisnis Online

 

Setelah tau apa itu bisnis/bisnis online, selanjurnya kita perlu tau

apa saja jenis-jenis bisnis online itu?

Dengan begitu kita bisa menentukan kemana arah bisnis kita nanti.

Sebenarnya banyak sekali jenis-jenis bisnis online, namun saya akan memberikan beberapa jenis bisnis online yang scara umum relatif mudah dan bisa langsung kita jalankan  saat ini juga.

Inilah 5 jenis bisnis online:

 

1.      Bisnis Drophipping

 

Apa itu bisnis dropshipping?

Di artikel sebelumnya Saya sudah menjelaskan tentang apa itubisnis dropshipping dan bagaimana cara memulainya, silahkan dibaca-baca untuk menambah wawasan sebelum terjun ke bisnis ini.

Bisnis Dropshipping adalah sebuah model bisnis dimana ada supplier atau produsen (pemilik barang/produk) dan juga ada penjual (dropshipper) yang akan menjadi perantara antara si pembeli dan pemilik produk tersebut.

 Secara sederhananya, dengan menjadi dropshipper maka kita tidak perlu repot mengurus produk seperti stok, pengiriman, dan hal-hal lain.

Tugas kita hanya menawarkan produk tersebut ke calon pembeli dengan harga yang telah disepakati sebelumnya. Jika produknya laku, maka supplier akan mengirimkan produk tersebut kepada pembeli, namun atas nama kita (sebagai dropshipper).

Cukup mudah bukan?

Tertarik untuk memulai bisnis dropshipping?

Jika tertarik, kamu bisa memulainya dengan mencari supplier terlebih dahulu. Karena kunci pertama seorang Dropshipper adalah supplier.

Jangan sampai kamu salah memilih supplier, temukan supplier yang memiliki harga jual yang kompetitif, sehingga margin keuntunganmu juga semakin besar. Dan kamu juga bisa memberikan promosi-promosi yang menarik nantinya.

Janga lupa juga, supplier juga harus memiliki pelayanan yang baik, terkadang kita memiliki masalah seperti pertanyaan-pertanyaan dari pembeli. Pastikan kamu tau kualitas produk yang akan kamu jual dan lain sebagainya

Untuk belajar menjadi Dropshipper, kamu bisa baca tips sukses memulai bisnis dropship disini.

 

 

2.      Affiliate Marketing (Bisnis Affiliasi)

 

Jenis Bisnis online kedua adalah Affiliate,

Apa itu affiliate marketing? Atau bisa juga disebut Bisnis Affiliasi,

Affiliate marketing adalah bisnis online yang menjual produk atau jasa milik orang lain dengan imbalan berupa komisi.

Besarnya komisi berbeda-beda tergantung ketentuan dari si pemilik produk atau jasa tersebut.

Sistemnya hampir mirip dengan dropship, bedanya hanya ransaksi dilakukan langsung oleh pembeli kepada pemilik produk atau jasa.

Ilustrasi sederhananya seperti ini,

Misal kita adalah seorang affiliate marketing dari shopee, tugas kita hanya mencari calon pembeli sebanyak mungkin untuk kemudian kita arahkan mereka ke situs/website/platform milik shopee. Saat pembeli melakkan transaksi maka kita akan mendapatkan komisi dari pejualan tersebut.

Saya sendiri sudah menjalankan bisnis Affiliate/Affilisi ini sejak tahun 2019 lalu. Penghasilannyapun beragam, tapi rata-rata saya bisa menghasilkan 7-15juta perbulan. Ya lumayanlah untuk dijadikan sampingan. Tapi jika ingin dijadikan penghasilan utama juga sangat menjanjikan, bahkan teman saya bisa menghasilkan ratusan juta perbulan hanya dari bisnis Afilite ini, mantap kan?

Untuk cara lengkap menjadi seorang affiliate marketing akan kita bahas di artikel lain ya, silahkan ikuti terus blog Ceodalg.com supaya gak ketinggalan informasi penting.

 

 

3.      Bisnis Pay Per Click (PPC)

 

Apa itu Bisnis Pay Per Click?

Bisnis Pay Per Click adalah model bisnis yang (publisher) mengarahkan calon pembeli ke situs/website pemilik produk (pemasang iklan).

Ilustasi sederhananya seperti ini,

Anggap saja saya pemilik website www.ceodableg.com, dan ada perusahaan penjual handphone yang ingin memasang iklan produknya di website saya. Dan tarif iklan yang saya (publisher) berikan adalah Rp1000 per klik. Jika ada 100 orang yang mengklik iklan tersebut maka si pengiklan berhak membayar saya sejumlah 100xRp1000 = Rp100.000.

Dan saya tidak peduli apakah produknya terjual atau tidak, selama ada yang klik maka saya akan mendapatkan bayaran.

Contoh yang paling familiar adalah google adsense, baik itu youtube ataupun blog sistemnya sama saja.

Tertarik untuk menjadi publisher iklan?

Cara yang paling mudah adalah kamu bisa memulainya dengan membuat channel youtube atau juga bisa dengan membuat website sendiri yang nanti akan kita monetisasi.

 

 

4.      Bisnis Online Shop (Toko Online)


Bisnis Online Shop (Toko Online)
Foto oleh RODNAE Productions dari Pexels

 

Bisnis online selanjutnya adalah Online Shop.

Apa itu online shop? Tentu kamu sudah paham dengan bisnis online shop ini, karena sudah sangat familiar sekali, bisa dibilang sangat menjamur.

Sederhananya, Online shop adalah toko yang yang menjual produk atau jasa secara online (melalui internet).

Yang membedakan toko online dan toko offline hanya medianya saja, yaitu dijalankan secara online.

Kamu bisa memanfaatkan media sosial, marketplace, atau bisa membuat website toko onlinemu sendiri untuk menawarkan produk atau jasa yang kamu miliki.

Kamu bisa memanfaatkan facebook, Instagram, marketplace (shopee, tokopedia, bukalapak, lazada, dan lain-lain) untuk mulai membuat toko online.

Tapi jika kamu benar-benar serius ingin membangun sebuah toko online, saya menyarankan untuk memiliki website toko online sendiri, karena ini akan jauh lebih mudah dikembangkan kedepannya.

Mau belajar membuat website toko online sendiri?

Atau mau mencoba terlebih dahulu dengan berjualan di Instagram dan juga marketlace?

Semua pilihan ada ditanganmu, apapun platform yang kita pilih pasti memiliki cara, karakteristik, dan kelebihan/kekurangan yang berbeda-beda.

 

 

5.      Investasi

 

Bisnis Online ang terakhir adalah investasi,

Banyak yang mengatakan bisnis dan investasi itu berbeda, namun bagi saya investasi juga termasuk dalam bisnis.

 Apa itu investasi?

Investasi adalah kegiatan menanamkan modal bisa berupa uang ataupun aset, dengan harapan akan mendapakan kuntungan dimasa mendatang atau dalam kurun waktu yang telah ditentukan.

Ada banyak sekali jenis investasi yang bisa kita jalankan secara online, namun tidak akan kita bahas secara mendalam di artikel ini, saya sudah membuat artikel tersendiri untuk membahas tentang investasi secara online.

Jika kamu adalah pemula, maka jangan terburu-buru untuk menghabiskan uangmu dalam investasi.

Berinvestasilah jika ada uang sisa dari bisnismu, jadi tidak ada resiko jika suatu saat investasi yang kamu jalankan mengalami kerugian.

Jika modal yang kamu miliki terbatas, lebih baik fouskan untuk mengembangkan bisnis yang lain seperti jualan produk atau jasa.


Baca Juga: Pilihan Investasi Yang Cocok di Masa Pandemi dan Minim Risiko


Jika kamu ingin memulai berinvestasi secara online,

Kamu bisa mencoba:

  • Reksadana
  • P2P Landing

P2P landing adalah platform yang menghubungkan antara peminjam modal dengan pemberi modal.

seperti koinwork, santara, investree, Assetku, dan lain-lain silahkan cari di internet banyak sekali, dan selalu hati-hati pastikan platform investasi tersebut tidak illegal ya.

  • Saham

Berinvestasi di saham ini memiliki resiko yang sangat tinggi, kita perlu banyak belajar sebelum memutuskan untuk terjun ke bisnis investasi saham. Namun resiko ini sebanding dengan potensi keuntungan yang akan didapatkan.

Sebagai ilustrasi dan contoh sederhana, missal dulu diwal GoJek dibuat siapa yang tau kalau mereka (GoJke) akan sebesar ini? Coba saja dulu saya bisa investasi di GoJek, mungkin sekarang saya sudah menjadi orang kaya baru ya, hehe.

  • Emas

Investasi terkahir adalah emas.

Kita smua tau, investasi emas adalah investasi yang bisa dibilang paling aman dan minim resiko.

Harga emas yang relatif stabil menjadikan emas adalah pilihan yang tepat untuk menyimpan asset dalam jangka panjang.


Baca Juga: Inilah Investasi Terbaik Untuk Anda di Usia 20-an

 

 

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online

 

Setiap model bisnis pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing,

Dalam bisnis onlinepun tentu ada kelebihan dan kekurangannya,

Kelebihan menjalankan bisnis online:

  • Sangat fleksibel

bisa dikerjakan dimana saja dan kapanpun kita mau


  • Modal yang dibutuhkan relatif kecil (modal minim)

ini tergantung model bisnisnya seperti apa, yang jelas kita sudah memangkas biay sewa tempat dan biaya operasional lainnya.


  • Mudah dikerjakan oleh semua orang

inilah yang paling menarik dari bisnis online. Karena menjalankan binis bukan lagi hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang memiliki mmodal besar saja. Bahkan jika kamu hanya modal HP dan Internet saja masih bisa menjalankan bisnis online.


  • Menjangkau banyak orang

tentu dengan teknologi internet sangat membantu kita dalam mengenalkan bisnis kita kebanyak orang. Kita gak perlu pergi ke suatu tempat (missal ke kota A) untuk memasarkan produk kita disana. Cukup dengan internet kita sudah bisa menjangkau seluruh dunia.


  • Proses Yang Cepat dan Hemat Waktu

Ya, dengan menjalankan bisnis secara online maka kemudahan transaksi akan semakin cepat. Pembeli tinggal membayar produk yang mereka beli, setlah itu kita mengirimkan produk tersebut sesuai alamat pembeli tanpa harus tatap muka tentunya.

 

Selanjutnya, apa kekurangan menjalankan bisnis secara online?

Diantara banyak kelebihan bisnis online diatas, tentu ada kekurangannya.

Namun kekurangan bisnis secara online hanya satu, yaitu kita butuh Skill dan juga pengetahuan yang luas tenang bisnis tersebut.


Kekurangan Bisnis Secara Online:

Misal, kita mau memulai bisnis online jualan kaos bola di Instagram.

Tentu kita harus tau gimana cara mendatangkan pembeli ke toko online kita terebut kan?

Belum lagi kita butuh keahlian dalam desain grafis, karena yang kita perlihatkan hanya gambar-gambar saja. Beda dengan toko offline yang langsung memperlihakan produk aslinya di etalase.

Gimana menentkan harga yang sesuai, cara menjangkau banyak orang, cara beriklan di Instagram/facebook/google, dan masih banyak lagi pengetahuan-pngetahuan yang perlu kita pelajari.

Namun jangan khawatir, semua itu sudah ada jawabannya kok.

Saya sudah buatkan langkah-langkah dan juga tips seputar bisnis online di website ini, jadi pastikan kamu membaca semua artikel di website ini ya.

 

 

Keuntungan dan Manfaat Bisnis Online

 

Lalu apa sih manfaat yang kita dapatkan dari bisnis secara online?

Tentu banyak sekali manfaatnya,

  • Bebas menentukan target market
  • Bebas menentukan kapan dan dimana kamu akan bekerja
  • Mudah dalam melakukan/merancang strategi bisnis
  • Biaya/Modal akan lebih kecil
  • Hubungan/komunikasi degan pelanggan akan lebih mudah tanpa harus tatap muka
  • Dan yang terpenting adalah waktu kita bersama keluarga akan semakin banyak, bisnis kita akan tetap jalan meski kita sedang berlibur bersama keluarga.

 

 

Cara Memulai Bisnis Online

 

Bagaimana cara memulai bisnis online?

Caranya sangat mudah, yang penting kamu ada kemauan dan niat, tentu konsistensi juga ya.

  • Lakukan riset market terhadap produk yang akan dijual
  • Pastikan kamu memahami keunggulan (value) produk yang kamu jual
  • Apa alasan orang harus membeli produkmu dibandingkan kompetiror lain?
  • Berikan harga yang sesuai, ini tergantung bagaimana kamu bisa menjelaskan keunggulan produkmu, bisa jdi lebih murah bisa jadi lebih mahal.
  • Bangun interaksi/komunikasi dengan pelanggan, misal dengan posting di instagram setiap hari, membuat kuis, giveaway, dan lain sebagainya
  • Berikan promosi yang menarik dan rutin
  • Dan yang terpenting adalah jaga agar kita selalu konsisten melakukan hal-hal diatas

 

Untuk belajar memulai bisnis online, saya sudah menuliskannya diartikel lain, kamu bisa membacanya jika ingin mengetahui bagaimana cara memulai bisnis onlineyang tepat dan benar.

 

 

Tips Sukses Bisnis Online

 

Banyak yang bertanya dan mencari tips sukses bsinis online atau berjualan online,

Padahal tipsnya sederhana, yaitu terus belajar dan bereksperimen.

Namun dibawah ini saya akan memberikan sebuah tips sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menjadi sukses di bisnis online

 

1.      Ketahui keunikan (value) dari produk yang dijual

 

2.      Tentukan platform yang tepat untuk bejualan, sesuaikan dengan market

Misal marketmu banyak berkumpul di Instagram, maka bukalah tokomu di Instagram.

Saya sangat mrekomendasikan untuk memiliki website sendiri, karena hasilnya bisa jauh lebih besar dan mudah di integrasikan dengan berbagai platform lain seperti Instagram, facebook, dan lainnya. Memiliki website sendiri juga memudahkan kita jika kedepannya ingin menggunakan iklan sbagai media promosi.

 

3.      Belajar Membaca Data

Misal berapa banyak yang mengunjungi toko online kita, berapa banyak yang memberikan interaksi baik itu sekedar bertanya ataupun hanya like saja jika di Instagram, ini akan sangat berguna untuk menentukan strategi jualan kita kedepannya.

Memulai Bisnis Online - Belajar Membaca Data
Photo by Campaign Creators on Unsplash

4.      Belajar Content Marketing

Didalam content marketing itu ada gambar dan tulisan, mulailah belajar bagaimana membuat gambar yang menarik untuk produkmu, dan berikan pula tulisan yang mampu menarik minat pembeli untuk melakukan transaksi.

Bukan hanya itu, kamu juga perlu mempelajari bagaimana cara melakukan promosi yang baik dan benar.

Jangan selalu jualan, sesekali selipkan konten yang menghibur, kuis, atau informasi yang menarik yang berkaitan dengan produkmu. Hal ini dimaksudkan untuk menarik interaksi dari calon pembeli/pelanggan.

 

5.      Bangun List Building

List building itu adalah upaya mengumpulkan data konsumen (calon pembeli) sebanyak mungkin.

Tujuannya adalah untuk keperluan bisnismu, missal menawarkan produk baru, promo menarik dan lain-lain.

List bulding ini sangat penting, karena dengan list building kita bisa meningkatkan konversi penjualan nantinya.

 

Mungkin ini terdengar sedikit rumit, tapi sederhananya adalah

Dengan list building berarti kita sudah memiliki data si calon pembeli, meskipun mereka tidak melakukan transaksi saat ini, kita masih bisa melakaukan penawaran secara personal misalkan melalui email dan whatsapp.

 

Untuk tau tentang list building, kamu bisa bisa memulai dengan email marketing saja dulu. Jadi pastikan kamu memiliki email dari calon pembeli (pelangganu) ya.

 

Saya sudah menyiapkan artikel tersendiri mengenai materi belajar List Building, silahkan dipelajari.

 

6.      Belajar Menggunakan Iklan Berbayar

Jika sudah sampai pada tahap ini, itu artinya pemahamanmu tentang bisnis online sudah sanga berkembang.

Kamu bisa mulai melirik strategi beriklan melalui facebook ads, Instagram ads, google ads, atau juga bisa memakai jasa endorsement.

Dengan beriklan, maka peluang produkmu semakin dikenal orang lain akan semakin besar, dengan begitu harapannya konversi penjalanpun akan semakin tinggi.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Memulai Bisnis Online Laris Modal Kecil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel