Gimana Cara Mendaftarkan Blog ke Adsense?

Cara Mendaftarkan Blog/Website ke Adsense
Photo by Myriam Jessier


Apa itu Google Adsense?

Google adsense adalah sebuah program kerjasama periklanan internet yang dimilik oleh perusahaan "raksasa internet" google.

Sederhananya begini, google kan punya banyak platform nih

salah satu contohnya seperti YouTube dan Blog.

Google berhak menayangkan iklan di platform mereka tersebut (cth: YouTube dan Blog), tentu dengan persetujuan pemilik akun Yotube atau blog tersebut terlebih dahulu.

Lalu apa untungnya?

Setelah iklan tayang di Blog kita, ya tentu google akan memberikan imbalan berupa bagia hasil, nah inilah yang dimaksud dengan program kerjasama google adsense. Dimana kita sebagai pemilik akun Blog/Youtube adalah sebagai publisher (penayang iklan).


Bagaimana Cara Mendaftar Google Adsense?

Cara daftar google adsense itu sangat mudah sekali, kita cukup punya akun Youtube atau Website sendiri, lalu membuat konten di platform tersebut, dan selanjutnya tinggal mendaftar di google adsense.

Meskipun terdengar sangat mudah, namun pendaftaran partner google adsense tidaklah semulus itu.

Setelah melakukan pendaftaran, kita tidak akan langsung diterima begitu saja, ada beberapa syarat/kriteria yang harus kita penuhi supaya pendaftaran kita diterima.

Syarat Mendaftar Google Adsense

Tergantung platform mana yang kita pilih, Youtube atau website?

Namun kali ini Saya akan menjelaskan syarat supaya blog/website bisa mendaftar di google adsense dan diterima, kalau untuk youtube tentu sudah tau kan ya.


Lalu apa saja syarat supaya blog/website diterima google adsense?


Memiliki Website

Ya tentu saja syarat pertama adalah memiliki website sendiri, gimana mau daftar kalau gak punya website?

Kita bisa membuat website menggunakan blogger (gratis) ataupun menggunakan web hosting sendiri (berbayar).

Dimana kita akan membuat website tidaklah terlalu penting, jika memang belum ada budget untuk berlangganan webhosting, saya rasa menggunakan layanan gratis dari Blogger sudah cukup.

Yang terpenting adalah, usahakan untuk memakai custom domain/TLD (top level domain) seperti .com .net dan lainnya. Murah kok, harganya bervariasi kalau untuk .com sekitar 150ribuan setahun.

Jadi meskipun kita menggunakan layanan gratis dari Blogger, namun domain kita tetap TLD. Ini akan semakin memperbesar peluang untuk diterima Adsense.

Meskipun sebenarnya tidak menggunakan TLD juga masih bisa menndaftar, karena blogger adalah platform blog milik google, dan inilah kelebihan blogger. Namundengan custom domain/TLD akan memberikan nilai lebih utnuk blog/website kita.


Blog/website sudah ada kontennya


Blog/website sudah ada kontennya
Photo by Glenn Carstens-Peters


Selanjutnya adalah konten, gimana mau diterima kalau websitenya kosong? karena google juga akan menilai isi website kita, kira-kira iklan seperti apa yang cocok ditampilkan di website kita.

Konten/isi website harus unik, menarik, dan orisinil.

Jadi bukan hasil dari duplikat milik orang lain (plagiat/copy paste), dan juga bukan konten yang "tidak bermutu".

Google sudah memberikan penjelasan tentang konten dan isi website/blog seperti apa yang layak dan siap untuk Adsense, silahkan baca Persyaratan kelayakan Adsense. Google juga sudah memberikan tips serta langkah untuk membuat sebuah konten yang menarik.


Mematuhi semua kebijakan program adsense

Tidak semua konten bisa mendaftar Adsense, hanya konten yang mematuhi kebijakan adsense yang boleh mendaftar.

Apa saja yang dilarang oleh google? misal konten berisi hal-hal yang menyesatkan, penipuan, pornografi, judi, dan lain-lain. Lebih lengkap tentang kebijakan Adsense bisa dibaca di Kebijakan program Adsense.


Kesabaran dan Ketekunan

Syarat terakhir adalah kesabaran dan ketekunana, kenapa ?

ya, karena kita emmbutuhkan kesabaran ekstra saat mendaftar Adsense Seperti website saya ini, coba tebak berap kali saya mendaftar Adsense hingga diterima?

Total saya sudah mengalamai 3 kali penolakan, pada pendaftaran ke 4 kalinya baru diterima.

Jika nanti teman-teman ingin mendaftar Adsense, saran saya jangan terburu-buru.

Usahakan umur blog/websitenya minimal sudah 3 bulan, dan sudah berisi lebih dari (minimal) 15 artikel (semakin banyak semakin bagus).

Dan pastikan traffic (pengunjung website) sudah ada, artinya website kita sudah dikenal orang.

Tidak harus ramai pengunujng, jika hanya untuk diterima Adsense saya rasa puluhan - ratusan pengunjung perhari sudah cukup. Contoh, saat website saya ini diterima Adsense pengunjungnya masih puluhan saja perharinya.

Tentu lebih banyak pengunjung akan lebih bagus, toh nantinya juga berpengaruh untuk pendapatan kita juga.


Kesimpulannya,

Buat artikel yang unik dan menarik secara rutin, misal seminggu dua kali atau seminggu sekali, bebas yang penting rutin.

Untuk membuat konten yang unik dan menarik tentu tidak semudah itu, kita perlu melakukan riset dan juga pemahaman terhadap topik yang akan kita bahas tersebut.

Namun disinilah letak keseruannya, dimana kita akan selalu berusaha memberikan tulisan yang bermutu, bukan sekedar asal tulis dan publish.

Jangan jadikan ngeblog/nulis sebagai beban, kalau memang belum diterima Adsense ya sabar saja. Terus menulis dan coba daftar lagi sampai diterima.

Yang utama adalah, nikmati aktifitas menulis di blog kita, berikan sesuatu yang bermanfaat untuk orang banyak melalui tulisan kita.

Belum ada Komentar untuk "Gimana Cara Mendaftarkan Blog ke Adsense?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel